Malang, dianns.org – Jumat (06/09), sedang berlangsung Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PK2MABA) FIA 2013 yang bertemakan ANDROID (Ajang Entrepreneur Edukasi Religius Organisatoris Intelek Berbudaya). Seperti dengan tahun kemarin, MABA selalu dibebankan dengan tugas-tugas. Tapi penugasan kali ini lebih meringankan maba karena mereka hanya membuat nametag essay, papan pleton, dan peta tanpa harus membuat tas karung seperti tahun kemarin. Itu saja ada beberapa yang tugas kelompok, jadi tugas ini sudah tidak memberatkan maba. Sebenarnya apa sih esensi dari tugas-tugas itu? Pentingkah diberikan kepada maba? Tugas ini diberikan untuk menekankan keilmuan maba, seperti tugas essay itu membuka wawasan maba untuk membuka dunia yang sangat luas, yang kedua adalah maba bisa mengenali FIA, kemudian bisa akrab dengan teman sekelompoknya dan tugas-tugas ini menyelipkan nilai-nilai untuk mengajarkan mereka suatu kedisiplinan dan ketaatan seperti dalam nametag, buku, dll itu panitia mencamtumkan ukurannya yang harus mereka perhatikan karena memang panitia menjanjikan akan dinilai.

Selain fungsi-fungsi tersebut, tugas PK2MABA ini juga berdampak pada nilai yang tercantum pada sertifikat yang akan dibagikan kepada maba. Seberapa pentingkah sertifikat kelulusan maba hingga mahasiswa baru harus mengikuti rangkaian kegiatan PK2MABA? Sertifikat tersebut berguna ketika mereka mengajukan skripsi, pengikut sertaan beasiswa, dan untuk mengikuti lembaga/organisasi mahasiswa yang lain. Selain itu sertifikat diberikan sebagai bentuk penghargaan/reward karena telah mengikuti PK2MABA. Akan tetapi sertifikat tidak diberikan kepada maba secara percuma hanya dengan mengikuti rangkaian kegiatan PK2MABA dari awal hingga akhir. Mereka juga harus memenuhi beberapa indikator yang telah ditentukan oleh panitia seperti perlengkapan, ketepatan waktu, kedisiplinan, dan tugas sehingga para maba tidak menyepelekan segala sesuatu yang ditekankan oleh panitia.

Tetapi keterlambatan pembagian sertifikat kelulusan pada mahasiswa baru tahun 2012-pun sampai sekarang belum terbit. Panitia ANDROID FIA 2013 berharap bahwa tahun ini bisa lebih baik dari tahun sebelumnya, panitia juga yakin akan mengeluarkan sertifikat kurang lebih dua minggu setelah krida mahasiswa berakhir. “Kita harus segera merekap tugas sekarang sehingga besok-besok tidak usah memikirkan untuk merekap tugas-tugas yang sebelumnya,” ungkap Tika, kooordinator Admin. Mereka belajar dari tahun-tahun sebelumnya sehingga sertifikat kelulusan maba tahun 2013 ini tidak terjadi keterlambatan lagi seperti pada tahun sebelumnya. Panitia adminlah yang bertugas sebagai perekap nilai para mahasiswa baru melalui tugas, pelanggaran dan indikator lain yang akan memunculkan nilai di sertifikat yang akan mereka terima nantinya.

Lalu bagaimana dengan sertifikat mahasiswa tahun 2012 tersebut. “Sebenarnya keterlambatan itu saya juga tidak tahu kenapa, saya disuruh mengumpulkan tugas yaudah saya kumpulkan,tapi saya juga nggak tahu kenapa belum keluar, karena emang nggak ada berita apapun dari koordinatornya,” ungkap Tika staf admin 2012.

Setelah mengonfirmasi kepada PD 3, beliau mengatakan bahwa sertifikat mahasiswa tahun 2012 sudah jadi, tinggal implementasi kepada seluruh mahasiswa. PD 3 mengharapkan pada tahun yang akan mendatang sertifikat tidak hanya menjadi syarat seorang mahasiswa untuk mengurusi beberapa keperluannya dan dinyatakan lulus PK2MABA, akan tetapi berimplementasi kepada kehidupan kuliah dan kampus.

Reporter: Jihan Khalida dan Shochihatuz Zainia