Malang, diann.org – Jumat (6/9), tepat pukul 05.15 WIB pemotongan pita di pelataran Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya (FIA UB) menandai pembukaan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PK2MABA) tahun ini. PK2MABA, ritual pengenalan kampus yang selalu ada setiap tahun ini bertujuan tidak hanya untuk memperkenalkan lingkungan kampus tetapi juga untuk memperkaya mahasiswa dengan budaya kampus. PK2MABA tahun ini bertema ANDROID (Ajang Etreprenur, Edukasi, Religius, Organisatoris, Intelektual, dan Berbudaya), dibuka dengan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Mars FIA yang dinyanyikan oleh seluruh peserta upacara dengan khidmat.

Sambutan Kapel ANDROID, Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Pembantu Dekan 3 (PD 3)  bahkan Dekan tak terlewatkan dalam upacara pembukaan kali ini. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kali ini jumlah maba laki-laki lebih banyak dibandingkan maba perempuan. Total keseluruhan maba ada 1524 orang yang tersebar di 8 prodi. Kedelapan prodi ini antara lain Administrasi Bisnis, Bisnis International, Perpajakan, Bisnis Pariwisata, Administrasi Publik, Administrasi Pemerintahan, Ilmu Perpustakaan, dan Perencanaan Pembangunan.

Ada yang berbeda dalam acara kali ini, sambutan Dekan FIA dikejutkan dengan datangnya panitia e-crew yang memberikan kue ulang tahun untuk Prof. Dr. Bambang Supriyono, Ms. Hari ulang tahun dekan FIA sebenarnya jatuh pada 5 September. Pemberian buket bunga juga mewarnai kejutan kecil ini. Kemudian, ia melanjutkan memberikan sambutan dan tidak lupa mengucapkan terima kasih atas perhatian panitia sehingga mengingat hari ulang tahunnya.

Dalam sambutannya, Prof. Bambang berharap kelak maba ini akan menjadi alumni FIA yang cerdas, tangguh, dan berbudi pekerti. Di akhir sambutan, ia menyematkan ID card kepada perwakilan maba dan pemukulan gong sebagai tanda dimulainya PK2MABA. Setelah itu acara dilanjutkan perkenalan dosen yang dipimpin oleh kajur masing-masing jurusan. Perkenalan pertama dari dosen-dosen jurusan Administrasi Bisnis oleh Prof. Dr. Endang Siti Astuti, M.Si dibantu sekertarisnya, Mohammad Iqbal, S.Sos, M.IB. Kemudian dilanjutkan perkenalan dosen jurusan administrasi publik dan jajaran karyawan FIA oleh Dr. Choirul Saleh, M.Si. Acara ditutup dengan pembacaan doa oleh Dr. Zainul Arifin, M.S. Kemudian maba masuk ke dalam kelas-kelas yang dipandu oleh supervisor masing-masing pleton.

Reporter: Armelia dan Rani