Penulis : Putri Tanjung Sari

Selamat datang di kampus terbesar dan terbaik, The Big Blue Campus, ungkapan yang diberikan oleh Rektor UB. Pernyataan dalam penyambutan yang diberikan di PK2MU (Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Universitas) tersebut menimbulkan tanda tanya besar. Sebab data yang telah ditampilkan pada layar proyektor sedikit tidak sesuai dengan kenyataan yang ada.

Terlihat pada jumlah dosen yang mencapai jumlah 1.853 orang dan karyawan yang berjumlah 1.739. Kemudian poin terbaik peringkat I di Indonesia Pelayanan Prima. Pernyataan tersebut tidak sebanding dengan yang dirasakan para mahasiswa yang melakukan login SIAM pada saat KRS berlangsung.

Sungguh sangat disayangkan bila yang dimaksudkan dengan kampus terbaik tidak disesuaikan dengan kenyataan yang dirasakan oleh para mahasiswa. Nampak sangat jelas bahwa pernyataan tersebut hanya digunakan sebagai ajang promosi kampus pada mahasiswa baru. Perlu disadari bahwa pernyataan tersebut memiliki pro-contra yang sangat jelas bagi para mahasiswa lama yang mendengarkan dan pada saat itu berada di dalam gedung dengan tugas kepanitiaannya.

Lalu pertanyaan-pertanyaan yang selalu berkutat dipikiran para mahasiswa lama tersebut adalah Apakah benar kampus kita merupakan kampus terbesar dan terbaik?, Apakah terbesar dengan hanya jumlah penduduknya saja?, Bagaimana dengan kesejahteraan penduduknya? , Terbaik dalam pelayanan prima yang  seperti apa?, sedangkan untuk melakukan login ke SIAM saja sangat susah.

Sebaiknya ungkapan yang diberikan oleh Rektor UB tersebut tidak hanya dijadikan untuk ajang promosi kampus saja. Namun, alangkah baiknya jika diwujudkan juga dalam kenyataannya. Agar tidak terkesan hanya omongan belaka.