Malang, Dianns.org – “Acara debat tertutup calon Presiden Eksekutif Mahasiswa Universitas Brawijaya (EM UB) dilangsungkan di Gedung C lantai 3, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya Kamis (06/12/2012) kemarin. Sebagai rangkaian acara PEMIRA UB 2012, debat tertutup ini dimulai pukul 15.00 hingga 17.30 dan diramaikan oleh para pendukung masing-masing calon dan tamu undangan.

Debat tertutup yang dimoderatori oleh Nining dari perwakilan DPM (Dewan Perwakilan Mahasiswa) UB berlangsung panas, tapi juga mengundang tawa. Jargon Coblos coblos coblos Brawijaya makyos yang diteriakkan panitia dan diikuti oleh para hadirin membuka debat tertutup ini. Kemudian acara dilanjutkan oleh sambutan oleh Pembantu Rektor 3 UB Ainur Rosyid. Anda sudah mau saja sudah luar biasa jika anda sudah terpilih harus amanah, kami pimpinan rektorat, dekan semuanya menunggu mimpi baru di EM. Berdemokrasilah dengan jujur dan beradab, katanya.

Koordinator acara Ongki Dwi, memprediksikan tahun ini pemilih akan bertambah dan tidak seperti tahun lalu yang hanya sekitar 10 ribu saja Nggak seperti kemarin yang pilihannya kalau nggak A ya B, kalau sekarang A, B, C, D dan E. Harapannya pemilih semakin banyak dan kriteria pemilih pun juga banyak tambahnya. Seperti di ketahui bahwa di PEMIRA 2012 telah terdaftar 5 calon presiden EM Brawijaya, yaitu

No. urut 1 Mohammad Rizky FIA/Publik/2009

No. urut 2 Nasrun Annahar FIA/Publik/2009

No. urut 3 Agung Budi Prasetyo  FT/Teknik Mesin/2009

No. urut 4 Wocil R.M.D FISIP/HI/2009

No. urut 5 Benny Rinaldi A.L  FISIP/Ilmu Politik/2009

Ada tiga sesi dalam acara debat tertutup ini, sesi pertama penyampaian visi dan misi oleh masing-masing calon, kemudian sesi kedua para calon harus menjawab pertanyaan yang dibuat oleh DPM UB dengan menggunakan bahasa inggris, dimana pertanyaan-pertanyaan itu telah ditulis di selebar kertas yang digulung dan diacak di dalam akuarium bulat. Yang terakhir, sesi ketiga ialah tanya jawab oleh pendukung dan tamu undangan kepada para calon.

Debat tertutup calon presiden EM ini berjalan dengan atraktif dan membuat suasana debat menjadi memanas. Terutama pada sesi ketiga dimana penonton yang hadir dapat mengajukan pertanyaan ke calon-calon presiden. Namun, suasana panas tidak hanya terjadi antara para calon, tetapi juga di antara para supporter. Beberapa kali suporter dari Nasrun  meneriakkan yel-yel, “Ayas pasti menang membawa perubahan. Yel-yel itu disambut oleh para supporter dengan teriakan, “Go Rizky go Rizki go, Begitu juga dengan supporter calon presiden lain yang turut meramaikan suasana.

Debat tertutup yang merupakan rangkaian PEMIRA UB 2012 ini ditutup dengan menyanyikan lagu Bagimu Negeri oleh semua hadirin yang datang dalam debat tersebut.

Reporter/Foto: Dio Rachmad/Armelia