Reporter : Nova Andriani

Tahukah kamu jika perempuan memperingati hari kaumnya setiap tahun?

Hari Perempuan Internasional yang dirayakan setiap tanggal 8 Maret setiap tahun ini merupakan sebuah hari besar yang dirayakan di seluruh dunia untuk memperingati keberhasilan kaum perempuan di bidang ekonomi, politik dan sosial.

Gagasan tentang perayaan ini pertama kali dikemukakan pada saat memasuki abad ke-20 di tengah-tengah gelombang industrialisasi dan ekspansi ekonomi yang menyebabkan timbulnya protes-protes mengenai kondisi kerja.

Seperti yang dilansir Neurope, bersamaan di hari perempuan internasional ini, UN Women telah meluncurkan sebuah lagu  “One Woman: A song for UN Women. Sekitar 25 penyanyi dan musisi dari 20 negara telah berpartisipasi dalam proyek ini untuk menyebarkan pesan persatuan dan solidaritas.

UN Women merupakan organisasi PBB yang memiliki tujuan utama pemberdayaan perempuan dan kesetaraan gender di seluruh dunia dan mulai beroperasi sejak Januari 2011 lalu. Lebih lanjut, klik:http://www.unwomen.org

Michelle Bachelet, UN Women Executive Director menegaskan, Sudah saatnya bagi pemerintah untuk menepati janji mereka dan melindungi hak asasi manusia sesuai dengan konvensi internasional dan perjanjian yang telah ditandatangani. Janji adalah janji.

Tahun ini, Hari Perempuan Internasional berfokus pada mengakhiri kekerasan terhadap perempuan, termasuk pelanggaran HAM berat yang menimpa 7 dari 10 perempuan di dunia. Pelanggaran HAM, eksploitasi seksual, kekerasan dan pelecehan pada wanita, merupakan peristiwa yang kerap menusuk nadi para perempuan di berbagai negara.

Pada Hari Perempuan Internasional, 8 Maret 2013, Michelle Bachelet menekankan bahwa diskriminasi dan kekerasan terhadap perempuan dan anak perempuan tidak memiliki tempat di abad ke-21. “Cukup sudah.” Katanya dalam pesan antara kemarahan dan harapan bahwa diskriminasi dan kekerasan harus berakhir.

Berikut link yang dapat kalian akses untuk menikmati video music One Women:

http://www.youtube.com/watch?v=Dnq2QeCvwpw&feature=player_embedded

Selamat Hari Perempuan Internasional 2013. Keep inspiring and shining with your masterpiece!

Source: Wikipedia, Unwomen, Neurope

*Penulis adalah alumni LPM DIANNS angkatan 2008