Malang, Dianns.org – “Home Band FISIP Universitas Brawijaya kembali merilis album kedua dengan tema Musical Journey, di DOME Universitas Muhamadiyah Malang pada Jumat (11/1/2012) malam. Jika akhir Oktober kemarin ditutup perhelatan musik spektakuler di Graha Cakrawala yang menghadirkan Raisa, Judika, Tompi dan Joshua March. Home Band FISIP UB juga tak kalah istimewanya bangunnya November ini dengan mendatangkan musisi kenamaan Indonesia yang juga baru mengeluarkan album baru, yaitu Glenn Fredly.

Perjalanan Musik (berikan semangat Anda untuk perjalanan musik kami) . “Untuk Musical Journey kali ini kami ingin menunjukkan kepada orang-orang yang ada di musik itu pun ada perjalanan musiknya dari awal sampai sekarang, dan musik itu berubah-ubah dan bermacam-macam,” ?? Sampailah Dwi Rizkiono selaku ketua pelaksana acara. Bisa dikatakan acara ini menunjukkan perjalanan karir musik Home Band FISIP dan perjalanan karir Glenn Fredly selama 17 tahun di belantika musik Indonesia. Dalam launching volume album 2, Home Band FISIP UB menyuguhkan sesuatu yang berbeda dari sebelumnya. “Kali ini, jenis musiknya lebih beragam. Ada rock, jazz, metal, pop, dll” ??, jelas Dwi. Kemudian Erik selaku koordinator acara tambah acara acara ini saat Ujian Tengah Semester,

Beberapa band kompilasi di album volume 2 dan juga sebagai hidangan acara yaitu, Unisound, Scumbag, Macy Day, Selamat Siang, Pemberontakan Pasir, Trendkill, Suara Journey, Audiotrone, Slimguard ft Dyo khitares, dan IKABAMA (Ikatan Kegiatan Band Mahasiswa) UMM Sebagai wakil dari tempat diselenggarakannya acara tersebut. Masing-masing band membawakan 1 buah lagu. Selain itu juga ada vokal grup band yaitu FISIP Voice dengan kolaborasi alat musik etnik menggunakan gamelan sebagai band pembuka sebelum Glenn tampil. Penonton sangat antusias dengan penampilan FISIP Voice yang terbentuk kurang dari jam tersebut.

Penyanyi asal Ambon bersuara merdu ini sudah hampir 1,5 tahun tidak menghibur kota Malang. Wajar saja, sudah lama tidak hadir Glenn kedepan antusias para penggemarnya. Hampir seluruh gedung DOME penuh penonton, tempat duduk di tribun pun padat penonton. Untuk acara ini panitia menyediakan sebanyak 4000 tiket.

Sempat kurang lebih 15 menit, terjadi kesalahan teknis, sebelum Glenn tampil. Kemudian, menurut informasi dari MC, Glenn meminta 3 orang penonton untuk teriak panjang I Love You, Glenn ?? , Yang kemudian dilanjuti dengan bagi-bagi hadiah media partner yang mendukung acara. Karena sudah cukup lama menunggu dan tak tampak Glenn hadir di atas panggung, penonton riuh teriak memanggil Glenn Fredly. Glenn Fredly ?? Secara bersamaan-sama. Setelah Glenn menaiki panggung, sontak semua penontonnya tercengang dengan Glenn Fredly yang terlihat dari ekspresi wajah.

Kala Cinta Menggoda ?? Menjadi lagu pembuka yang dibawakan oleh Glenn menghebohkan seisi gedung DOME UMM, yang kemudian diteruskan dengan Cukup Sudah sebagai pelengkap kehisterisan para penonton. Melihat belum terasa atmosfer melownya, Glenn membawakan lagu berlirik sendu yaitu Akhir Cerita Cinta ??, dimana pada ini berhasil menaikturunkan emosi penonton, tanpa aba-aba semuanya menyanyikan lagu ini bersama-sama. Suasana jadi romantis.Malang adalah kota yang romantis “??, tuturnya.

Kemudian, Glenn di atas panggung juga mengucapkan “Selamat dan sangat apresiasi sekali pada Home Band FISIP atas launching albumudul dan beri √ɬ°pplause buat Home Band FISIP,” ?? Seru Glenn. “Kayaknya gue tahu nih, inspirasinya dari siapa?” ?? Tanya Glenn ke penonton “Inspirasinya dari Pak Beye kan,” jawab Glenn dengan bercanda dilanjut tawa, penonton juga ikut tertawa. Kemudian, Glenn juga membawakan lagu di album barunya Luka Cinta dan Merdeka itu Malaikat Juga Tahu ?? Ciptaan Dewi Lestari “Saya minta ruangan ini gelap dan hanya ada lampus sorot,” ?? Minta Glenn ke panitia Penonton seolah diajak bernyanyi bersama lagi, hati bikin serasa meleleh dengan suasana dan suara memukau dari Glenn.

Glenn memang pandai dalam sambutannya dengan celotehan humor dan susunan lagunya. Namun, Glenn juga turut menyampaikan pesan kepada para penonton yang sedang anak muda. “Saya senang melihat ekspresi seperti ini, dan ini sudah bukan eranya lagi turun ke jalan. Jangan pernah mewarisi dendam ke generasi berikutnya. Dan kalian adalah jawaban untuk memberi inspirasi dan harapan kedamaian melalui karya,” ?? Ungkapnya dibarengi dengan tepuk tangan penonton.

Setelah lagu You Are My Everything selesai dinyanyikan , Glenn dan kawan-kawan melakukan isyarat tubuh izin pamit, namun hal tersebut batal ketika teriakan penonton meminta satu lagu terakhir. Dan ‘Kasih Putih’ ?? Menutup malam yang romantis itu bersama ribuan pasang mata.

Glenn, sangat ramah dan murah senyum kepada penonton yang hadir. Glenn bersama personilnya membungkukkan badan ke hadapan para penonton dan melakukan foto di atas panggung sebagai simbol terima kasih dan apresiasi dimana latar belakangnya adalah para penonton. Acara berakhir seru, dan Glenn memberikan sesi foto bersama di Hotel Sahid Montana Tugu untuk para penggemarnya yang sudah membeli CD albumnya yang terbaru Luka Cinta dan Merdeka ??.

“Bahasa musik adalah bahasa apa adanya dan itu dari hati,” Glenn Fredly.

Reporter / Foto: Gita RP & Janetha S / Janetha S