One Planet, One Future, Earth Hour 2013

Oleh : Nova Andriani

Hakekatnya, peduli terhadap keharmonisan ekosistem bumi merupakan kewajiban seluruh penduduk planet biru. Upaya meratifikasi berbagai program bervisikan melindungi kehidupan bumi pun telah dilakukan pemerintah ataupun komunitas. Salah satu program yang rutin diperingati setiap tahun di berbagai negara adalah Earth Hour. Perubahan iklim global yang kian parah dari tahun ke tahun, mendorong terlaksananya Earth Hour agar Bumi menjadi lebih baik.

Seperti yang dilansir earthhour.wwf.or.id, Earth Hour adalah salah satu kampanye World Wild Fund (WWF), organisasi konservasi terbesar di dunia, yang berupa inisiatif global untuk mengajak individu, komunitas, praktisi bisnis dan pemerintahan di seluruh dunia untuk turut serta mematikan lampu dan peralatan elektronik yang sedang tidak dipakai selama 1 jam, pada setiap hari Sabtu di minggu ke-3 bulan Maret setiap tahunnya.

Tahun 2007, Earth Hour diadakan pada tanggal 31 Maret 2007.

Tahun 2008, Earth Hour diadakan pada tanggal 29 Maret 2008.

Tahun 2009, Earth Hour diadakan pada tanggal 28 Maret 2009.

Tahun 2010, Earth Hour diadakan pada tanggal 27 Maret 2010.

Tahun 2011, Earth Hour diadakan pada tanggal 26 Maret 2011.

Tahun 2012, Earth Hour diadakan pada tanggal 31 Maret 2012.

Dan tahun 2013, Earth Hour diadakan pada tanggal 23 Maret 2013.

Secara nyata, perubahan iklim yang dapat dirasakan dan dilihat adalah fenomena pemanasan global. Fenomena ini mempengaruhi keseimbangan alam, seperti yang dilansir greenpeace.org, mencairnya tudung es di kutub, meningkatnya suhu lautan, kekeringan yang berkepanjangan, penyebaran wabah penyakit berbahaya, banjir besar-besaran, coral bleaching dan gelombang badai besar. Kita juga telah mengetahui siapa yang akan terkena dampak paling besar – negara pesisir pantai, negara kepulauan dan daerah negara yang kurang berkembang seperti Asia Tenggara.

Indonesia termasuk negara berkembang yang memiliki ketergantungan cukup besar terhadap energi guna mendukung pembangunan negeri. Ketergantungan yang tanpa kejelasan batas membuat beberapa pihak lalai dengan porsi napas bumi. Mengkonfrontasi perusahaan ataupun rumah tangga untuk menghemat energi bukan perkara mudah, namun permasalahan itu tidak menghambat aksi Earth Hour di dunia. Kesadaran manusia yang kini semakin matang tak sulit untuk mengajak penduduk bumi ikut berpartisipasi dalam aksi penghematan energi.

Buat kamu pahlawan bumi, ayo kita dukung kampanye lingkungan hidup internasional dengan mematikan listrik selama 60 menit, mulai pukul 20.30 “ 21.30 (waktu setempat). Aksi kecil kamu bisa berarti besar untuk penghematan listrik dan juga keselamatan lingkungan. Ini Aksiku, Mana Aksimu?

EARTH HOUR 2013 Official Video: http://www.youtube.com/watch?v=2UywrjnOaUE

*Penulis adalah alumni LPM DIANNS angkatan 2008