Malang, dianns.org – (12/12) Tiga pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) melakukan debat terbuka. Debat terbuka merupakan rangkaian acara Pemilihan Wakil Mahasiswa (Pemilwa) FIA 2013. Bertempat di basement FIA UB, debat terbuka tersebut cukup menyita perhatian warga FIA untuk melihat dan mengenal lebih jauh para calon Presiden dan Wakil Presiden yang akan mereka pilih pada Pemilwa FIA nanti.

Debat dibagi menjadi tiga sesi. Sesi pertama dimulai dengan pemaparan visi dan misi. Para calon dipersilakan untuk memaparkan visi dan misi mereka ketika menjabat kelak. Dilanjutkan dengan sesi analisa permasalahan-permasalahan yang ada di FIA dan program unggulan apa yang dijanjikan. Dalam sesi ini dilakukan pula sesi untuk para calon menjawab pertanyaan-pertanyaan kontroversial yang ada di media sosial dan kesempatan untuk setiap calon melontarkan pertanyaan kepada calon lainya. Dan yang dan terakhir sesi tanya jawab dengan para audience yang hadir pada saat debat terbuka ini.

Isu-isu sentral yang dibahas dalam debat tersebut antara lain terkait masalah tingkat apatisme mahasiswa FIA yang tinggi, lahan parkir yang sulit, dosen proyekan dan beberapa permasalahan lainnya seputar FIA.

Antusiasme mahasiswa terlihat dari banyaknya mahasiswa yang ingin melontarkan pertanyaan untuk para calon. Pertanyaan-pertanyaan dari mahasiswa yang hadir sangat beragam dan sebagian besar berangkat dari permasalahan-permasalahan pelik seputar kehidupan kampus sehari-hari yang hingga sampai saat ini belum mendapatkan titik terang. Ketiga calon menjawab pertanyaan-pertanyaan dengan gaya dan pemikiran mereka masing-masing. Antusiasme pun terlihat dari para penonton dan tim sukses yang berlomba-lomba menyemangati calon yang mereka dukung membuat suasana semakin semarak.

Setelah debat terbuka para calon masih diberikan kesempatan untuk melakukan kampanye sampai hari Minggu (15/12). Sesuai dengan timeline Pemilwa. kampanye terbuka dilakukan mulai tanggal 9 sampai 15 Desember, dilanjutkan dengan hari tenang tanggal 16 Desember. Sedangkan untuk pencoblosan akan dilakukan pada hari Selasa (17/12).

Reporter: Chandra Eka Prasetya

Fotografer : Candra Eka Prasetya