Reporter: Asti Faizati dan Nurhidayah Istiqomah

Malang, dianns.org – Olimpiade Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Lembaga Otonom Fakultas Pergaulan Organisasi Olah Raga (LOF MAFIOSO). Tahun ini Olimpiade FIA ​​diselenggarakan pada 18 – 28 Mei 2015, dengan tema sportivitas dan kebersamaan. Namun pada tahun ini banyak peserta yang mengeluhkan dengan banyaknya panitia yang juga merangkap sebagai peserta. Ike Venessa selaku koordinator acara menjelaskan jumlah peserta yang jauh dari luar kepanitiaan ia juga tidak mengingkari perihal pemenang Olimpiade FIA ​​yang banyak berasal dari panitia maupun anggota LOF MAFIOSO sendiri.

Menurut salah satu peserta tenis meja yang tidak mau diakui namanya ini, walaupun acara sudah berlangsung dengan baik dan juga seru, ia masih mempertanyakan mengapa panitia ikut serta dalam perlombaan. Ia mengungkapkan bahwa seharusnya panitia hanya sebatas masalah masalah kepanitiaan, turut turut merangkap sebagai peserta dalam lomba. Menurut saya sangat tidak adil . Karena dikhawatirkan ada halangan atau hal lain yang bisa saja terjadi di situ. Saya juga merasa aneh bila melihat panitia bisa mengikuti perlombaan seperti peserta yang lain, tambahnya.

Saat DIANNS mengklarifikasi pernyataan peserta tersebut, ketua pelaksana acara, Nirwan Gading Pratama, jelaskan dari pihak panitia tidak ada peserta yang ikut dalam perlombaan. Semua mahasiswa FIA angkatan 2012, 2013, dan 2014 berhak masuk sebagai peserta. Tujuan diadakan Olimpiade FIA ​​adalah mempererat persaudaraan antarmahasiswa se-FIA dan juga untuk menjaring atlit terbaik untuk diikutsertakan pada lomba dari luar maupun dari dalam seperti olimpiade Brawijaya (OB).

Nirwan menjelaskan tentang Olimpiade FIA ​​tahun ini memiliki beberapa perbedaan dari tahun sebelumnya. Hal tersebut dapat ditinjau dari jumlah peserta yang ikut. Tahun lalu Olimpiade FIA ​​diikuti oleh empat angkatan angkatan 2012, 2012, 2013, dan 2014. Namun kali ini Olimpiade FIA ​​hanya diikuti oleh tiga angkatan yakni angkatan 2012, 2013, dan 2014. Mahasiswa Jurusan Bisnis Bisnis 2013 ini juga menambah jumlah peserta. Olimpiade FIA ​​tahun ini berada dalam kisaran empat ratus lima puluh peserta.

Terkait soal antusiasme, Ike mengungkapkan antusiasme mahasiswa untuk mengikuti kegiatan ini cukup tinggi, terutama dalam cabang olahraga futsal dan bulutangkis. Namun, untuk cabang olahraga basket dirasa masih kurang peminat. Hal tersebut diupayakan Olimpiade FIA ​​2015 diadakan bertepatan dengan acara Violet yang notabene acara besar.

Dalam Olimpiade FIA ​​yang keempat ini, ada enam cabang olahraga yang diperlombakan. Cabang olahraga yang diperlombakan untuk hari pertama adalah tenis meja, hari kedua catur dan basket, dan hari selanjutnya ada cabang olahraga voli, bulu tangkis, dan futsal, kata Nirwan. Perihal selama penyelenggaraan acara, Nirwan. Hanya panitia hanya terseleksi proposal dan banyaknya peserta lomba yang belum memenuhi syarat pada saat melakukan registrasi.

Berikut ini daftar pemenang Olimpiade FIA ​​2015:

Tidak Cabang Olahraga Juara 1 Juara 2 Juara 3
Keranjang:

  • Putra
  • Putri
Pelopor

2012

Terserah

Ciwi

Aldoist
Bulu Tangkis:

  • Tunggal Putra
  • Tunggal Putri
  • Ganda Putra
Vega Bintang

Rahmawati F.

Ganesha / Enggar

Ganesha

Nur Ummi P.

Vega B./Rahmat

Engga

Aulia Endah R.

Rayyanda / Andy

Voli:

  • Putra
  • Putri
Pemerintah

Cihuy

Pria Menang Devpland
Catur Dea K. Riyadi Cendy Anri P. Dicky Berry
futsal Bispar A SAB FC Sumber Kencono
Tenis Meja

  • Tunggal Putra
  • Ganda Campuran
Nirwan Gading

Nirwan Gading / Bramantyo

Brian

Brian / Khoirul Afan

Yosua

Fijar Fouratama / Kemas Alif