Fotografer : Gede Pradiva

Malang,DIANNS.org – Rabu (26/6) Glowing (Shining, Sparkling, Inspiring) acara olimpiade Bahasa Inggris se-Nasional, yang diadakan atas kerjasama antara AEC (Administration English Club) dan HIMABIS (Himpunan Mahasiswa Bisnis) dengan tema “Shinning, Sparkling, Inspiring”. Bertempat di Hall Aula Gedung A lantai 4 FIA UB acara di mulai pukul 08.15 dibuka oleh Januar, Ketua AEC. Acara ini diikuti oleh siswa-siswi SMA kelas X dan XI se- Indonesia yang terbagi menjadi 2 cluster (Cluster 1 untuk siswa/i SMA kelas X dan cluster 2 untuk siswa/i SMA kelas XI). Olimpiade kali ini berbeda dengan olimpiade-olimpiade yang pernah ada. Dalam olimpiade Glowing ini peserta diharapkan dapat menguasai semua bidang bahasa Inggris. Konsep olimpiade ini peserta harus mengikuti step-step perlombahan. Dimana step pertama adalah peserta harus mengikuti olimpiade BOB (Beatle of Brand), selanjutnya step kedua yaitu Speeling Bee (lomba mengeja dalam bahasa Inggris), dan step yang terakhir adalah Telling Story (cerita dalam bahasa Inggris).

“Mulanya pendaftar yang mengikuti olimpiade ini berjumlah 10.410 pendaftar yang kemudian disaring menjadi 50 peserta dari cluster 1 dan 50 peserta dari cluster 2,” ungkap Zahrina selaku ketua pelaksana.

Dalam pendaftaran kali ini peserta, tidak hanya sekedar mendaftar saja, melainkan harus mengisi soal-soal dari panitia yang kemudian di nilai dan di ambil siapa yang terbaik. Pendaftar yang lolos 50 besar baik dari cluster 1 dan 2, namun yang mengonfirmasikan hanya 26 dari cluster 1, dan 28 dari cluster 2. Hal ini dikarenakan peserta yang tidak mencantukan nomor yang bisa dihubungi dan alamat yang jelas.

Saat final berlangsung terdapat 5 peserta terbaik dari cluster 1, dan 5 peserta dari cluster 2. Namun sebelum pengumuman pemenang, AMC (Administration Music Club) menyanyikan 3 buah lagu dan yang tidak kalah menariknya Yohanna X-Factor membawakan 3 buah lagu seperti: a thousand years, if aint got you baby yang berkolaborasi dengan panitia, dan listen. Dia berhasil mengguncang hall Gedung A lantai 4 dengan sukses. Setelah itu saat-saat yang dinanti pengumuman pemenang, di cluster 1 yang berhasil menduduki runner up 2 Alysha Dewi Astianti dari SMA Al Azhar Bsd, runner 1 Ratu Aprilia Senja dari SMA Al Izzah Batu, dan yang menduduki juara 1 yaitu Desy Caroline dari SMAN 1 Sungailiat Bangka Belitung. Sedangkan untuk cluster 2 juara 3 oleh Azlya Diva Angesti dari SMA Insan Cendekia Madani, juara 2 di duduki oleh Emeralda Brilian Agnia dari SMAN 2 Surabaya, dan juara 1 Rivanie Trizonanda Rosari Najib dari SMA Ar Rohma Putri Batu. Bagi pemenang mendapatkan uang sebesar Rp 2.000.000,00, Rp 1.500.000 dan Rp 1.000.000 dan piala. Bagi juara pertama tiap cluster berhak memperoleh paket liburan ke Malaysia dan Singapura.

Reporter : Fidya Gumilang dan Rani Rahman