Malang, dianns.org – (24/11) Semangat mahasiswa baru Fakultas Ilmu Administrasi (FIA), Universitas Brawijaya dibangkitkan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FIA melalui acara Sekolah Gerakan Mahasiswa (SGM). Bertempat di gedung C lantai 3 FIA UB, SGM mengangkat tema “Benarkah Mahasiswa itu Ada?”

“Kita mau ngingetin lagi peran mahasiswa yang sudah hilang. Mahasiswa harus tahu peran mereka dan bagaimana cara mereka berguna bagi masyarakat,” tutur Reidy Muhammad selaku Ketua Pelaksana saat ditanya mengenai tujuan acara ini. Menurut mahasiswa Administrasi Bisnis 2011 ini, pada awalnya peserta acara ini adalah delegasi dari setiap pleton PK2MABA. Karena banyak delegasi yang tidak memberi konfirmasi, acara ini pun dibuka untuk seluruh mahasiswa FIA. Dari 165 mahasiswa yang mendaftar, hanya 69 peserta yang hadir.

Acara dimulai pukul 08.30 dengan pembacaan ayat-ayat suci Al Quran dan diikuti dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Acara dilanjutkan dengan sambutan oleh Ketua Pelaksana dan Menteri Kebijakan Publik BEM FIA. Acara ini dihadiri oleh 2 pemateri dari Universitas Indonesia (UI), yaitu Achmad Firmansyah (Ketua DPM UI 2012) yang menyajikan materi Peran Mahasiswa dan Maman Akhdurrakhman (Presiden BEM UI 2011) yang membawakan materi Ideologi Mahasiswa. Ada juga pemateri internal, yaitu Setya Nugraha (Presiden BEM FIA 2013) yang memberikan materi Semangat Almamater.

Peserta tampak antusias sejak mengikuti materi pertama yang dibawakan oleh Bang Firman. Pemuda kelahiran 1990 ini banyak membagi pengalaman selama menjabat sebagai Ketua DPM UI 2012. Peserta pun memberikan respon positif. Hal ini terlihat dari banyaknya mahasiswa yang bertanya bahkan hingga dibuka 3 sesi pertanyaan. Selain pemberian materi, peserta juga diberi kesempatan untuk berdiskusi. Peserta dibagi menjadi 15 kelompok. Masing-masing kelompok didampingi oleh seorang SPV dari BEM FIA. Mereka mendiskusikan tentang topik yang diberikan oleh panitia, salah satunya adalah tentang peran mahasiswa.

Sebelum acara ini dilaksanakan, peserta yang mendaftar diminta mengumpulkan esai tentang peran mahasiswa sesungguhnya. Seluruh esai yang telah dikumpulkan akan dinilai oleh panitia. Penilaian berdasarkan pada penggunaan EYD, kepadatan isi, dan kesesuaian tema. Tiga orang pemenang diumumkan di akhir acara. Mereka adalah Hidayati, Ria Kurniawati, dan Diego Cahyo.

Acara ini memberikan kesan positif bagi peserta. Nadia, salah satu peserta dari Administrasi Bisnis 2013 mengungkapkan, “Acara ini mendidik semua mahasiswa. Saya berharap setelah acara ini mahasisiswa bisa benar-benar menunjukan aksinya.”

Reporter: Dea Kusuma Riyadi dan Yunis Nadhifah