Malang, Dianns.org -Ainul Zaini calon nomor 1, terpilih menjadi Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Brawijaya pada penyelenggaran Pemilu Mahasiswa FPIK LAPEN (Hukum, Adil, Independen) yang digelar kemarin, Kamis (18/10). / 2012) di lapangan voli FPIK. Berdasarkan hasil penghitungan suara akhir, mahasiswa FPIK UB Jurusan Sumber Daya daya 2009 ini meraup suara sebanyak 1251 suara, selisih 513 suara dari Miral Akbar yang hanya meraup 713 suara.

Penyelenggaraan Pemilwa ini hanya diikuti oleh dua peserta calon presiden, yang pertama yaitu Ainul Zaini dan Miral Akbar. Dari data mahasiswa yang terdata sebanyak 5000 mahasiswa, panitia melakukan antisipasi menambah 33 surat suara, untuk surat suara yang rusak.

Menurut keterangan dari Kapel Pemilwa, Rifan Ardiansyah, solusi yang sedang dalam pelaksanaan Pemilwa hanya kemoloran waktu. Lanjut Rifan, “seharusnya Tempat Pemungutan Suara (TPS) mulai buka pada pukul 07.00 WIB,” tapi pelaksanaannya baru bisa dimulai sekitar pukul 09.00 WIB. “??

“Sempat terjadi kericuhan dalam pelaksanaan Pemilwa, entah itu provokasi darimana sih itu ada daerah luar steril TPS, jadi sempat ditunda selama 2×5 menit,” ?? Terang Rifan

Selain itu, terjadilah hal lain sebelum perhitungan suara, jadilah selisih surat suara sebelum dihitung sebanyak. 2179. Kemudian dari data absen, setelah dihitung kembali tertunda 2182 surat suara. Kemudian karena selisih ini, dari panitia melakukan kesepakatan dengan para peserta dengan masing-masing calon.

Berdasarkan berita acara yang ditetapkan, penghitungan suara yang berakhir pada pukul 04.05 WIB pagi tadi sebanyak 1251 suara untuk calon nomor 2, 713 suara untuk calon nomor 2, 24 suara abstain, dan 140 surat suara tidak sah.

Reporter & Foto: Gita Rizky Prodipta