Malang, DIANNS.org – Pada konferensi pers Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Universitas (PKKMU) yang diselenggarakan pada Selasa (1/9), Universitas Brawijaya (UB) mengaku siap untuk membuka kembali Kampus IV (Kampus Kediri) dalam waktu dekat. Hal tersebut pernah disampaikan Rektor UB, Prof. Dr. Ir. Mohammad Bisri MS., dalam akun twitternya. Untuk UB Kampus IV, Insyaallah akan segera kita buka kembali, setelah ada kesepahaman antara UB dengan pihak terkait, kicaunya. Sementara itu, untuk tahun ini sendiri, UB masih belum menerima mahasiswa baru dikarenakan persiapan untuk membuka kembali kampus yang ditutup pada tahun 2014 lalu itu belum rampung seluruhnya. Hal tersebut diutarakan Presiden Eksekutif Mahasiswa (EM), Reza Adi Pratama. Reza menjelaskan untuk masalah perizinan UB Kediri sendiri sebenarnya sudah selesai, namun untuk pembangunan gedung perkuliahan belum sepenuhnya rampung, dan inilah yang menjadi penyebab mengapa hingga saat ini UB Kediri belum juga membuka pendaftaran mahasiswa baru untuk berbagai jenjang pendidikan. Untuk permasalahan perizinan dan juga legalitas semuanya sudah selesai, kan hal ini yang menjadi penyebab ditutupnya UB Kediri tahun lalu, tetapi semuanya sekarang sudah selesai. Tinggal menunggu pembangunan gedungnya saja, insyaallah tahun depan bisa dibuka, ujarnya.

Selain perhial UB Kediri yang siap dibuka kembali, hal menarik lainnya dari PKKMU tahun ini adalah diselenggarakannya koreografi paper mobPaper mob tersebut dilakukan oleh kurang lebih 13.387 mahasiwa baru yang mengikuti PKKMU. Mahasiswa baru yang terbagi dalam 24 cluster tersebut berbaris membentuk huruf UB dan bendera merah putih. Djairan selaku Ketua Pelaksana PKKMU tahun ini menyampaikan bahwa ide untuk melakukan paper mob datang dari kepanitian sebelumnya, hanya saja baru bisa terselenggara tahun ini. Ia juga mengungkapkan bahwa kegiatan paper mob ini dilaksanakan tanpa latihan dengan mahasiswa baru terlebih dahulu. Paper mob baru terlaksana di PK2MU tahun ini dan tanpa latihan dengan Maba terlebih dahulu, karena dalam peraturan tidak boleh ada kegiatan pra ospek dikampus, jelasnya.

Selain soal kegiatan paper mob dan rencana akan dibukanya kembali UB Kediri, hal yang berbeda dari PKKMU kali ini adalah hadirnya Panglima TNI Jendral Gatot Nurmantyo. Gatot hadir sebagai pemateri dalam sesi wawasan kebangsaan. Jendral yang menjabat sejak 8 Juli 2015 ini mengisi materi di Gedung Samantha Krida, GOR Pertamina, dan UB Sport Center dengan durasi di masing-masing tempat selama 30 menit.

Reporter :   M. Rizky Setyawan dan Rahma Agustina