Malang, dianns.org – Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) Universitas Brawijaya (UB), kedatangan murid-murid dari berbagai SD dan SMP se-Indonesia. Mereka datang ke FIA UB bukan untuk kuliah layaknya seorang mahasiswa, tetapi untuk mengadu intelektual dalam berbahasa inggris di acara Kidz Glowing yang diadakan kemarin (14/11). Kidz Glowing ini merupakan acara pertama kali diadakan oleh Administration English Club (AEC) FIA di tingkat SD dan SMP. Jumlah peserta yang ikut berpartisipasi dalam acara ini pun bisa dikatakan lumayan banyak. 100 murid SD dan 100 murid SMP datang dari berbagai daerah di Indonesia. Mereka merupakan peserta yang telah lulus seleksi dari 5000 pendaftar tingkat SD dan 5000 pendaftar tingkat SMP. Proses demi proses seleksi berhasil mereka lalui. Seleksi pertama, panitia mengirimkan berkas soal-soal, Lembar Jawaban Komputer (LJK) dan soal essay ke seluruh SD dan SMP yang ada di Indonesia. Berkas-berkas tersebut dikembalikan ke panitia lagi. Proses penyeleksiannya dilakukan dengan cara mengambil nilai terbesar dari 10.000 berkas yang ada. Didapatkan 100 murid SD dan 100 murid SMP yang berhasil lolos yang kemudian akan beradu keintelektualan berbahasa inggris mereka di FIA.

Bertempat di Gedung A lantai 4, opening ceremony Kidz Glowing diresmikan dengan pemukulan gong oleh Dekan FIA. Dari 200 peserta akan diadu kemampuan berbahasa inggris mereka baik di-listening, speaking, reading dan writing. Sebelum masuk ke babak semifinal, mereka harus melewati tahapSpellingBee untuk SD dan Battle Of Brain untuk SMP. Kedua tahap seleksi ini menuntut ketajaman pendengaran peserta terhadap pengucapan bahasa inggris dari cerita maupun kosakata. Pada babak semifinal, mereka diadu dengan match the words untuk SD danpicture describtion untuk SMP. Peserta yang berhasil lolos masuk ke babak final. Kompetisi yang mereka hadapi pun semakin sulit dan membutuhkan konsentrasi yang tinggi. Story telling untuk SD dan newscating secara live untuk SMP.

“Acara ini merupakan permintaan investor kami, karena bapak investornya suka dengan acara Glowing tingkat SMA yang pernah kami adakan, lalu ketua AEC kami punya insiatif untuk buat acara Kidz Glowing untuk siswa SD dan SMP,” tutur Intan Permana selaku Ketua Pelaksana Kidz Glowing.

Hadiah yang diberikan untuk lomba kali ini bukan jalan-jalan ke Singapura lagi seperti Glowing kemarin karena terkait dengan usia anak yang akan diberangkatkan masih dibawah umur dan dari pihak investor tidak bisa mendampingi. Hadiah yang diberikan untuk juara Kidz Glowing SD dan SMP ini berupa uang tunai, tablet, dan notebook. Total dari keseluruhan hadiah ini tidak jauh berbeda dengan hadiah pada Glowing.

Harapan dari pihak panitia maupun investor, Glowing Kidz dapat memberikan edukasi bahasa inggris kepada anak-anak SD dan SMP, agar mereka dapat terlatih dan tidak canggung untuk menggunakan bahasa inggris di dunia kerja kedepannya. Sekitar pukul 20.00 WIB acara ini ditutup dengan meriah oleh penampilan band dari Administration Music Club (AMC) dan Yohana X factor.

Reporter: Chinta Febrina, Haffiyanti Kusuma, dan Danar Yuditya