Reporter : Roihatul Musyafi dan Jihan Khalida

Malang, LPMDIANNS.com – Malam minggu kemarin (9/03/2013), GOR Pertamina UB dipadati oleh penonton. Mereka datang untuk menyaksikan final LA LIGHTS Campus League regional Malang. Malam final dibuka oleh penampilan seluruh peserta dance competition yang berjumlah 9 kelompok. Tim yang lolos ke final terdiri dari tim basket putra UB dan Universitas Udayana, sedangkan tim basket putri mempertemukan UB dan UM.

Antusiasme suporter belum begitu terasa ketika kuarter pertama basket putri dimulai. Pertandingan berlangsung sangat alot dan poin pun hanya terpaut sedikit hingga kuarter pertama berakir. Terlepas dari euforia dari masing-masing suporter dan juga ketegangan antara kedua tim hingga akhir pertandingan, pertandingan tersebut ditutup dengan kemenangan UB 57-46.

Sekitar pukul 19.00 GOR Pertamina semakin penuh sesak oleh penonton yang memadati seluruh tribun. Euforia penonton pun semakin terasa ketika pada break pertandingan diisi oleh penampilan band indie Malang dan pengumuman pemenang dance competition. Untuk dance competition sendiri dimenangkan oleh Lapose Dance.

Tepat pukul 19.30 final basket putra dimulai, keriuhan dan semangat yel-yel pun menggema di GOR Pertamina UB yang mayoritas penonton adalah suporter tuan rumah. Sepanjang pertandingan, tim basket UB mendominasi hampir di setiap kuarter, tak pelak hal ini dibuktikan dengan keunggulan 57-36 di akhir pertandingan. Dan lagi, UB juara.

“Latar belakang diselenggarakannya acara ini, diawali dari kekhawatiran dan juga kemirisan komunitas yang notabene para pemain basket atas terbatasnya wadah atau tempat untuk memberikan ruang kompetesi, sehingga skill pemain-pemain basket muda jaman sekarang sulit terasah,” tutur ketua pelaksana Campus League Basketball Competition Bobi.

Dia kembali menjelaskan bahwa tidak ada kendala yang begitu berarti dalam penyelenggaraan acara ini, tetapi antusias para peserta tidak begitu terlihat. Namun dibalik itu, penyelenggara dan komunitas basket senior sangat bangga karena PERBASI sendiri mendukung acara ini. Acara ini sudah berlangsung selama 7 tahun dan diikuti oleh berbagai kota di Indonesia. Jumlah peserta menurun dari tahun sebelumnya yang sebanyak 12 kota menjadi 7 kota saja tahun ini. Tujuh kota ini terdiri dari Jawa Barat, Kalimantan, Semarang, Surabaya, Jogja, Jakarta, dan gabungan antara Malang, Jember dan Bali. Putaran final Campus League akan diselenggarakan di Surabaya.