Aksi BEM FIA Tolak Politik Uang Pilkada

Oleh : Armelia

Malang, LPMDIANNS.com – Kamis (16/5/2013) Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya (BEM FIA UB) melakukan aksi di persimpangan Jalan Soekarno-Hatta. Aksi ini mengangkat tema Bersama Kita Kawal Pilkada Malang. Aksi yang dimulai pukul 08.30-09.00 WIB cukup mengganggu lalu lintas dan menyita perhatian banyak masyarakat. Selama aksi berlangsung, demonstran mengenakan jas almamater UB dan membawa spanduk bertuliskan Bersama Kita Kawal Pilkada Malang.

Berdasarkan penelitian BEM FIA UB, 67,5 % masyarakat Kota Malang Peduli terhadap Pilkada. Penelitian dilakukan dengan mengambil sampel secara random. Ada 15 profesi masyarakat yang diteliti dan masing-masing profesi diambil sekitar 10-20 sample dari berbagai daerah di Kota Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa banyak masyarakat Kota Malang peduli terhadap Pilkada. Selain itu, masyarakat menuntut agar Malang bebas dari money politic dan menjadi Malang yang seperti dulu, yaitu Malang yang bersih dan sejuk.

BEM melihat masih banyak masyarakat yang dikasih duit itu manut. Maka dari itu, kita terpanggil untuk memberikan pencerdasaan, kata Alfiansah selaku perwakilan BEM FIA UB.

Aksi ini bertujuan memberikan edukasi mengingat 23 Mei 2013 Kota Malang akan menyelenggarakan Pilkada. BEM FIA UB menilai berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, masih banyak pemilih yang kurang cerdas. Maksudnya yaitu masih banyak masyarakat yang memilih calon jika mereka telah diberi uang oleh calon yang bersangkutan. Maka dari itu, BEM FIA UB berinisiatif melakukan aksi edukasi memberi pencerdasan kepada masyarakat Kota Malang.

Rencananya BEM FIA UB akan melakukan aksi demontrasi ini 2-3 kali. Di daerah Suhat yang dilaksanakan hari ini (16/5), kemudian di Veteran dan Balai Kota, jelas Alfiansah. Ketika ditanya kapan saja tepatnya, Alfiansah mengatakan akan mendiskusikannya dulu bersama rekan-rekannya.ik Uang