Foto: Danar Yuditya P.

Malang, dianns.org – Serangkaian kegiatan PK2MU (Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Universitas) yang dikemas dalam acara Raja Brawijaya angkatan ke-52 dilaksanakan hari ini (2/9) di tiga lokasi yang berbeda. Seluruh mahasiswa baru (MABA) berjumlah 12.084 orang dibagi menjadi tiga kelompok besar yang ditempatkan di tiga gedung berbeda, yaitu Gedung Samantha Krida, GOR Pertamina, dan UB Sport Center.

Kebijakan Rektor baru UB, Prof. Dr. Ir. Muhammad Bisri MS, pelaksanaan PK2MU hanya dilaksanakan dalam sehari. Letak tempat acara yang berjauhan dengan lapangan rektorat dan jumlah mahasiswa yang banyak membuat para panitia harus berusaha keras dalam memobilisasi semua mahasiswa baru. Pihak kepolisian pun ikut andil dalam memobilisasi mahasiswa yang akan menuju sport center,karena harus keluar dari lingkungan Universitas Brawijaya.

Mobilisasi mahasiswa yang diestimasikan akan menghabiskan waktu sekitar 90 menit ternyata hanya memerlukan waktu setengahnya secara tak terduga. Hal ini disampaikan oleh Azmul Fauzi, mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis (FEB) angkatan 2012 yang menjabat sebagai Ketua Pelaksana.

Azmi juga menyebutkan jumlah mahasiswa baru yang memadati ketiga gedung tersebut. Jadi diperkirakan maba yang ada di GOR ini 3000 sampai 3500, di Sakri ada sekitar 4500 sampai 5000. Sedangkan di Sport Center ada 2500 sampai 3000 orang. UB tahun ini juga menerima mahasiswa disabilitas. Mereka pun turut ambil bagian dalam pelaksanaan PK2MU. Adapun mahasiswa disabilitas yang baru ini seluruhnya dikumpulkan ke dalam satu cluster yaitu cluster 12 dan menempati GOR Pertamina. Mobilisasi mahasiswa disabilitas tersebut dilaksanakan paling akhir untuk memudahkan mahasiswa tersebut memasuki GOR Pertamina.

Reporter :  Amalia Puspita dan  Novita Ariyani