Fotografer : Dio Rachmad

Malang, dianns.org – Dalam memperingati HUT ke-98 Kota Malang, Minggu (29/4/2012), KONI Kota Malang mengadakan Marathon Nasional Malang dan Lomba Lari 10 K yang berhadiah total Rp 150.000.000. Kegiatan ini sebenarnya telah diselenggarakan sebanyak 31 kali hingga tahun ini, namun vakum pada tiga tahun terakhir karena tidak tersedianya dana.

Lomba dimulai pada pukul 06.00 WIB, kurang lebih 13.000 peserta berpartisipasi pada kegiatan ini. Para peserta terdiri dari pelajar SMP hingga mahasiswa, masyarakat umum, TNI, Polri, atlet lari daerah sampai nasional, dan juga beberapa warga mancanegara memadati Jl. Simpang Balapan yang menjadi tempat dimulainya lomba. Di sepanjang rute Marathon, peserta mendapatkan fasilitas PosMinum yang ditempatkan pada setiap 5 Km dan Pos Siram setiap 2 Km setelah Pos Minum. Peserta juga dapat memperoleh Pelayanan Medis dari panitia di garis start , di tempat-tempat tertentu sepanjang rute, dan garis finish yang berada di Lapangan Rampal.

Sehari sebelumnya para peserta marathon harus melakukan pemeriksaan kesehatan dan mendapat surat keterangan sehat dari dokter yang telah ditunjuk oleh panitia penyelenggara. Ketentuannya memang tidak seperti peserta lomba lari 10 K yang bebas menyerahkan surat keterangan sehat dari dokter mana saja.

Menurut Wakil Ketua Panitia, Bambang HD Suyono, lomba ini bertujuan untuk memberikan sarana kegiatan yang dapat menyehatkan masyarakat Kota Malang dan untuk melestarikan marathon yang sekarang keberadaannya hampir tidak ada. Ia berharap kedepannya lomba ini bisa diadakan setiap tahun dan rekor marathon dapat kembali dipecahkan di Kota Malang seperti yang dilakukan Suyono pada tahun 1995.

Dalam lomba maraton kali ini, untuk maraton putri juara pertama ditempati oleh Erni Wulatningsih dari Salatiga dengan waktu 3:24:19. Sementara untuk maraton putra, posisi pertama ditempati oleh Noce Matital dengan waktu 2:37:50.

Selain itu, pemenang lomba lari 10 K kategori umum putra ditempati oleh Ridwan dan Yulianingsih untuk kategori umum putri.

Repoter: Anggelia Hayu Lestari & Intan Puspita