Penulis : Muhammad Bahmudah

Sutradara            : Thomas McCarthy

Penulis Naskah  : McCarthy dan Josh Singer

Genre                   : Mystery & Suspense, Drama

Pemain                 : Mark Rufallo, Rachel McAdams, Brian d’Arcy, Michael Keaton,

Liev schreiber, John Slattery, Stanley Tucci, Richard Jenkis.

Tahun                   : 2015

Rating                  : 8,2 ( imdb)

Break the story. Break the silence

Kutipan diatas merupakan sedikit gambaran dari Film yang diangkat dari kisah nyata karya Thomas McCarthy (sebagai sutradara) dan McCarthy dan Josh Singer (sebagai penulis naskah). Film yang berjudul Spotlight ini menceritakan sebuah tim investigasi rahasia yang bernama spotlight dari harianThe Boston Globe yang terdiri dari 4 wartawan yaitu Mike Rezendes (diperankan oleh Mark Rufallo), Sacha Pfeiffer (diperankan oleh Rachel McAdams), Matt Carroll (diperankan oleh Brian d’Arcy) dan Walter Robinson (diperankan oleh Michael Keaton) yang mengungkap kejadian besar kasus pencabulan anak-anak (pedophilia) yang dilakukan oleh Pastor di kota Boston, Amerika Serikat. Kasus rumit ini terjadi pada tahun 1980-an tetapi pihak gereja menutup-nutupi kasus ini hingga pada tahun 2002 tim spotlight berhasil membuka kasus ini kepada umum.

Pergantian redaktur atau editor baru The Boston Globe oleh Marty Baron (diperankan oleh Liev schreiber) mengawali kinerjanya dengan langkah keputusan yang berani. Baron menugaskan tim spotlight untuk menyelidiki tuduhan terhadap John Geoghan, yang merupakan seorang Pendeta yang dituduh menganiaya lebih dari 80 anak laki-laki. Tim spotlight mengundang salah satu korban pertama yang masih hidup untuk diwawancarai, karena 3 tahun sebelumnya tim spotlight telah berhasil mengungkap beberapa korban tetapi tidak ada ujung penyelesaian dari kasus ini. Dokumen yang masih rahasia dari pengacara korban, Mitchell Garabedian (diperankan oleh Stanley Tucci) harus dibuka untuk umum, karena dokumen tersebut sangat penting untuk menyelesaikan kasus ini. Seiring perjalanan investigasinya, tim spotlight berhasil mendata dan menemui korban-korban untuk memberi pengakuan kepada tim spotlight. Beberapa pengakuan dari korban sangat terbuka kepada tim spotlight untuk menuntaskan kasus ini. Sampai akhirnya data yang telah didapatkan tim spotlight, diduga ada 13 Pastor yang melakuakan pencabulan terhadap anak dibawah umur. Investigasi masih berlanjut dengan pencarian data arsip daftar Pastor di penyimpanan arsip rahasia. Terdapat keganjilan terhadap Pastor“Pastor yang berhenti atau pindah dari kota Boston. Pindahnya para Pastor tersebut menjedi bukti yang kuat untuk mengungkap kasusu Geoghan.

Tim spotlight terkejut ketika peneliti khusus kasus pencabulan anak-anak oleh Pastor terjadi selama 30 tahun. Richard Sipe (diperankan oleh Richard Jenkis) ini mengatakan bahwa jumlah dari dugaan 13 Pastor itu terlalu sedikit, tetapi ada 6% dari 1500 Pastor di Boston atau 90 Pastor yang melakuakan pencabulan pada anak-anak. Sehingga investigasi masih berlanjut dengan menggunakan daftar Pastor untuk mengidentifikasi para Pastor yang melakukan pencabulan. Hasilnya tim spotlight berhasil mengumpulkan 87 nama Pastor di Boston berbeda 3 dari hasil penelitian Sipe. dan memulai mewawancarai para Pastor yang telah dikumpulkan nama-namanya hingga 70 Pastor. Dokumen rahasia kasus Geoghan dari pengacara Garabedian telah menjadi dokumen umum tetapi masih dalam pengawasan hakim. Kesuksesan tim spotlight tidak berhenti disitu saja, spotlight berhak mendapatkan izin untuk membuka dokumen umum tersebut di dalam investigasinya. Agar dokumen tidak diambil dan dirusak oleh media lain. Maron memberi deadline penulisan agar segera diterbitkan dalam waktu 6 minggu dengan syarat Jimmy Sullivan (diperankan oleh Jamey sheridan), pengacara pihak gereja mengkonfirmasi daftar nama Pastor tersebut. Alhasil pengacara pihak gereja Jim mengkonfirmasi daftar nama para Pastor tersebut dan terbitlah Investigasi tim spotlight di headline harian The Boston Globe.

Respon terhadap pemberitaan tersebut terus dilakukan oleh korban kepada tim spotlight. Dering telpon yang terus menerus berdering di kantor The Boston Globe, hasilnya sepanjang tahun 2002 tim spotlight mempublikasikan hampir 600 kasus kisah tentang skandal ini. 249 Pastor dan biarawan didakwa di depan umum atas pelecehan seksusal di keuskupan Boston. Jumlah selamat di Boston diperkirakan lebih dari 1000 orang. Tahun 2002 Cardinal Law atau pihak gereja di Boston mengundurkan diri dari keuskupan Boston. Atas pemberitaan investigasi oleh tim spotlight ini, juga berhasil terungkap skandal pencabulan oleh Pastor-Pastor di seluruh penjuru dunia.

Karena kesuksesanya dalam mengola berita investigasi, The Golden Globe mendapatkan penghargaan Pulitzer prize winning investigation pada tahun 2002. Selain itu Thomas McCarthy juga sukses membawa film ini berada di 6 nominasi pada Academy Awards 88th Annuals, salah satunya Best Motion Picture of the Year. Apakah Spotlight bisa mendapatkan Best Motion Picture of the Year? Patut kita tunggu tanggal 28 Februari 2016 pengumuman Academy Awards 88th Annuals.

Foto : thewildgeese.irish