Fotografer: Ganis Harianto

Malang, dianns.org – Dinas Pertanian dan Kehutanan (Distanhut) Kota Batu menyelenggarakan Apple Day di Coban Talun, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji pada Sabtu (8/8/2015). Acara ini diselenggarakan dalam rangka membangkitkan kembali eksistensi apel sebagai ikon kota yang produksinya merosot cukup tajam. Pada tahun 2015, lahan pertanian Apel Batu tersisa seribu tujuh ratus hektare (1700 ha) dari total lahan seluas tiga ribu lima ratus hektare (3500 ha). Menurut Budi Santoso, Kepala Distanhut Kota Batu, penurunan luas lahan menjadi salah satu penyebab kemrosotan produksi di Kota Batu. Oleh karena itu, peringatan ini merupakan support program kepada semua stakeholder apel untuk kembali mengembangkan apel agar ikon Kota Batu tidak begitu saja dilupakan masyarakat. Bahkan untuk tahun-tahun berikutnya, delapan Agustus akan diperingati sebagai Apple Day.

“Ini (Apple Day) hanya bagian terkecil dari program saya yang besar. Ada program yang besar untuk mengembangkan apel; mulai masalah budi daya apel hingga pengembalian luas lahan apel. Kita punya target untuk mampu menembus ekspor ke Singapura atau negara-negara maju lainnya. Eropa punya Hari Tomat, maka Indonesia punya Hari Apel,” imbuh pria yang akrab disapa Tosi ini.

Apple Day dikemas menjadi sebuah pesta rakyat. Acara dimulai dengan lomba menggambar untuk anak-anak Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Bumiaji yang kemudian dilanjutkan dengan karnaval apel. Beberapa replika apel berukuran besar diarak oleh anggota kelompok-kelompok tani dalam karnaval ini. Acara pun dilanjutkan dengan sarasehan antara pemerintah dan petani, pertunjukan teater bertema apel, dan ditutup dengan orkes Melayu Sagita.

Arakan replika apel dari Desa Bulukerto

Adrinaldo, Ketua Event Organizer (EO) yang membantu penyelenggaraan acara ini mengatakan bahwa sekitar dua ribu masyarakat ikut memeriahkan acara yang berlangsung sejak pukul 08.00 WIB ini. Selain menikmati karnaval dan pertunjukan, masyarakat dapat mencicipi berbagai olahan apel di stand kelompok tani dari sembilan desa. Acara ini juga dihadiri oleh Walikota dan Wakil Walikota Batu, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Batu, pengusaha apel se-Malang Raya, Komandan Komando Resor Militer (Danrem) Kota Batu, Komandan Distrik Militer (Dandim) Kota Batu, dan beberapa pejabat Kota Batu. Bahkan Edy Rumpoko, Walikota Batu, sempat menyapa dan bernyanyi bersama masyarakat. Edy juga membagikan uang kepada sejumlah masyarakat yang bersedia bernyanyi bersamanya di atas panggung.

Pelbagai stand olahan apel dari berbagai kelompok tani yang ikut serta dalam Apple Day

Dalam penyelenggaraan acara ini, Distanhut Batu memberikan bantuan kepada petani apel di sembilan desa sebesar empat juta rupiah (Rp4.000.000) per desa. Saat dikonfirmasi mengenai hal ini, Tosi mengaku bahwa dana tersebut diambil dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD). “Oh kalomasalah dana nanti, kami membikin project plan yang efektif dan efisien agar tidak ada proyek yang sia-sia,” tambah Tosi.

Tosi juga menambahkan bahwa rencananya acara ini akan dikemas semakin meriah setiap tahunnya. Senada dengan Tosi, Adrinaldo juga menuturkan bahwa tidak menutup kemungkinan acara ini akan mencakup se-Malang Raya dalam rentang dua tahun ke depan. “Kalo momentum ini dibesarkan dan memakan banyak dana, semisal hingga milyaran rupiah, tapi petani tidak didukung ya percuma. Harapan kami, selain acara ini, ada usaha peningkatan kualitas petani dari pemerintah juga,” tanggap Kadis selaku anggota Kelompok Tani Desa Bulukerto.

Kadis mengaku bangga terhadap acara yang baru pertama kali diselenggarakan ini. Namun, ia menyayangkan kurangnya sosialisasi sehingga petani tidak memiliki banyak waktu untuk mempersiapkan acara ini. Tosi membenarkan hal tersebut. Ia mengakui bahwa sosialiasi memang dilakukan seminggu menjelang acara sehingga terkesan mendadak. “Acara ini mungkin banyak sekali kekurangan dan itu wajar. Namun ke depannya, saya berencana membuat acara ini lebih bagus dan meriah agar dapat dijadikan objek wisata. Tidak menutup kemungkinan Apple Day nantinya akan dilaksanakan di Alun-Alun Kota Batu,” tuturnya.

Reporter: Dea Kusuma Riyadi dan Ganis Harianto