tumblr_inline_n2wc02KRY61r7y56r

Fotografer: Anggelia Hayu Lestari

Malang, DIANNS.org – Rektor Universitas Paramadina, Anies Baswedan, menyindir fenomena politisasi kepemimpinan yang sering terjadi di beberapa kampus di Indonesia. “Masalah yang kerap kali terjadi pada kepemimpinan kampus adalah tarik-menarik antara faksi-faksi politik.” ujarnya pada Seminar Nasional Pendidikan Kebangsaan “Merajut Asa di tengah Masalah Pelik Bangsa” yang digelar di Aula Pesantren Al-Hikam, Malang, Minggu sore (23/03).

Penggagas Indonesia Mengajar tersebut menilai bahwa politik tarik-menarik kepemimpinan kampus tak ada hubungannya dengan tanggung jawab yang seharusnya mereka emban setelah terpilih. “Padahal sebenarnya tidak ada hubungannya dengan tanggung jawab yang akan mereka emban setelah terpilih.” ujarnya.

Peryataan Anies tersebut disampaikan untuk menjawab pertanyaan salah satu peserta seminar yang menyinggung tentang terjadinya politisasi pemilihan rektor di salah satu kampus di Malang. Kedatangan Anies dalam seminar yang berlangsung selama dua jam tersebut disambut antusias dengan penuhnya peserta yang memadati aula. Setelah mengisi seminar, Anies dijadwalkan untuk menghadiri Cangkruk Bareng Anies Baswedan di Rumah Makan Inggil.

  • Reporter: Karima Styorini