Malang, Dianns.org – Suasana pelataran gedung Widyaloka Universitas Brawijaya (UB) pada Minggu (29/04/2012) pagi diwarnai oleh para peserta PEKSIMA (Pekan Seni Mahasiswa) pada tangkai lomba Vocal Group. PEKSIMA hari ini diikuti oleh 10 peserta dari masing “ masing perwakilan fakultas yaitu Fakultas Hukum, Fakultas Teknik, Fakultas Kedokteran, Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik, Fakultas Teknologi Pertanian, Fakultas MIPA, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Ilmu Administrasi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, dan Fakultas Pertanian. Tujuan diadakannya kegiatan PEKSIMA ke-11 ini adalah dalam rangka untuk seleksi pendelegasian PEKSIMINAL  (Pekan Seni Mahasiswa Regional) untuk perwakilan wilayah Jawa Timur dan selanjutnya diikutsertakan pada PEKSIMINAS (Pekan Seni Mahasiswa Nasional). Disamping itu dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat menjadi wadah untuk menemukan dan mengembangkan bakat seni mahasiswa UB serta dapat menumbuhkan apresiasi seni para mahasiswa dengan berbagai bakat seni yang dimiliki.

Para dewan juri yang terlibat pada kegiatan kali ini berasal dari profesionalis “ profesionalis yang berkompeten di bidangnya. Tiga juri yang ikut terlibat tersebut diantaranya Shanty Fernando, Puji Grahadi, dan Aulia Dita Anggraini. Ketiganya merupakan anggota dari homeband UB serta berpengalaman di bidang Vocal Group dan Backing Vocal. Seperti halnya dengan Puji Grahadi yang pernah menjadi juri precluster Indonesian Idol.

Pada tangkai lomba Vocal Group peserta membawakan lagu wajib dan lagu pilihan. Ketiga Lagu wajib tersebut berasal dari lagu daerah Nusa Tenggara Barat diantaranya Losong (Sumbawa), Gelung Prada (Lombok) dan Nasi Kododai (NTB). Untuk lagu pilihan yang dibawakan oleh peserta yaitu Merah Putih, Indonesia Jaya, Burung Camar, Pelangi di Matamu, dan Pemuda. Teknis pelaksanaan kegiatan adalah para peserta membawakan satu lagu wajib dan satu lagu pilihan dengan aransemen yang berbeda dari masing “ masing kelompok vocal.

Setelah dilakukan penilaian oleh dewan juri ditetapkan juara 1 pada PEKSIMA tangkai lomba Vocal Group kali ini adalah Fakultas Teknologi Pertanian, juara II Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, dan juara III perwakilan dari Fakultas Hukum. Pemenang selanjutnya akan dikirim untuk  mewakili UB di ajang PEKSIMINAL 2012.

Reporter : Anita Aprilia dan Sulistyawati