Malang, LPMDIANNS.com – Kamis (30/5) kelompok Teater SSM FIA UB menyelenggarakan pentas teater mandiri yang berjudul ‘Jangan Rusak Cerminku’. Bertempat di basement FIA UB Gedung Prof. Dr Taher Al Habsyi (gedung A), pentas tersebut cukup menyita perhatian warga FIA untuk menonton. Acara yang dimulai pukul 16.00 dan selesai sekitar pukul 17.30, dihadiri sekitar 150 penonton yang kebanyakan mahasiswa FIA dan beberapa mahasiswa dari sanggar seni fakultas di UB.

Pentas mandiri yang berjudul ‘Jangan rusak cerminku’ ini merupakan penampilan perdana Teater SSM FIA UB setelah beberapa tahun tak mengadakan pementasan. Dalam waktu hanya dua minggu setengah teater SSM berhasil mempersembahkan pentas teater mandiri ini dengan cukup baik. Animo penonton pun baik, terbukti dari penuhnya tempat pertunjukan di basement selama pertunjukan berlangsung.

Teater bertajuk ‘Jangan Rusak Cerminku’ berceritakan tentang problematika emosi seorang Gadis, yang mengalami berbagai macam gejolak dalam hidupnya. Mendapat cemoohan, dilecehkan, dan hanya dianggap sebagai sampah membuat Gadis tak tahu bagaimana dia harus memperbaiki semuanya. Sampai dia mendengar bisikan bayangan dari cerminya yang malah membuatnya memiliki rasa dendam dan ingin membunuh semua orang yang telah mencemoohnya. Dengan membunuh orang-orang yang telah mencomoohnya membuat bayangan dari cerminya menemaninya yang sebenernya hanya kesemuan belakan. Hingga datang seorang pria yang dulu pernah merenggut kesucianya datang kembali kehidupnya, tetapi Gadis masih memiliki dendam dengan pria itu dan ingin membunuhnya juga. Tetapi usahanya untuk membunuh pria tersebut gagal dan pria tersebut berhasil memecahkan kaca milik Gadis yang merupakan sumber dari perasaan dendam yang dimilikinya. Gadis pun merasa kehilangan bayangan yang selama ini menemaninya dan menyayangkan kacanya pecah.

Sang sutradara, Ari Hendro R mengangkat tema tersebut dengan alasan karena pentas teater ‘jangan rusak cerminku’ ini ceritanya banyak dialami oleh orang-orang yang sebenarnya ada di sekitar kehidupan keseharian kita. Terkadang kita sering menemui hal buruk dan merasa ‘down’, tetapi bukan berarti membuat kita hancur. “Janganlah bercermin pada hal negatif pada dirimu, tapi bercerminlah pada hal positif pada dirimu,” ujar sang sutradara Ari Hendro R menanggapi atas pesan apa yang ingin disampaikan dari Pentas Mandiri SSM ini.

Reporter : Chandra Eka dan Jihan Khalida