Malang, Dianns.org – PK2MABA dilaksanakan selama 2 hari yaitu pada tanggal 31 agustus dan 1 september 2012. Hari pertama pelaksanaan PK2MABA FIA tahun 2012 bertepatan pada hari jumat. Para panitia bisa dicoba mapan putra putra sholat jumat berjamaah. Hampir separuh dari total maba FIA yang pakai 1700 orang bisa tampil sholat bersama-sama dengan khidmat.

Maba berwudhu menggunakan air botol dibawakan 1,5 liter yang mereka bawa dari rumah. Tanpa menggunakan air kran pelepasan udara dari botol yang dikucurkan. Maba berpasang-pasang bergantian berwudhu. Cara yang unik dan mendidik karena sekaligus memberikan pembelajaran maba untuk saling tolong-menolong. Tempat yang dipakai berwudhu mulai dari depan upt sampai taman di sekitar mushola.

Fafan, staff acara menjelaskan maba putra dilakukan sholat jumat di basement gedung A FIA. Basement FIA memenuhi maba putra. Sedangkan para panitia melakukan sholat di halaman luar basement. Namun kegiatan sholat jum’at yang dipimpin oleh Zainul (dosen dan Pembantu Dekan II FIA) berlangsung dengan tertib.

Dalam waktu yang bersamaan maba putri dilakukan sholat dzuhur. Sehubungan dengan mushola yang tidak bisa menampung seluruh maba putri, maka sholat dhuhur dilaksanakan di ruang 19 dan 20. Sholat dilaksanakan secara bergantian di ruang tersebut. Dengan beralaskan koran seadanya, mereka melaksanakan sholat dhuhur dengan tertib.

Pengkondisian maba berjalan lancar. Maba putri yang berhalangan ditempatkan di lapangan. Mereka melakukan kegiatan sharing bersama mentor. Sementara maba yang beragama non islam di tempatkan di ruangan kelas untuk mentoring keagamaan sesuai dengan kepercayaan masing masing.

Reporter / Foto: Astika Faliani / Janetha G