Malang, dianns.org – Menyongsong ritual tahunan PKKMaba 2014 untuk menyambut mahasiswa baru Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya (FIA UB), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FIA UB bersiap diri dengan membentuk kepanitiaan PKKMaba. Agenda pertama yang dilakukan yakni memilih Ketua Pelaksana (Kapel) PKKMaba.

Pemilihan Kapel PKKMaba 2014 memasuki babak baru. Pendaftaran calon Kapel PKKMABA sudah dibuka sejak senin lalu (26/5) dan ada 21 orang yang mengambil formulir pendaftaran Kapel PKKMABA 2014. Namun, sampai tanggal batas akhir pengembalian, hari ini Rabu (28/5) pukul 17:00 WIB, hanya ada empat orang yang mengembalikan formulir.

“Hal itu sudah biasa memang,” ujar Tio Andiko selaku penanggungjawab PKKMaba ketika Dianns menanyakan tanggapan terkait pengembalian formulir. Praktis ada 4 (empat) orang yang maju sebagai calon Kapel PKKMaba tahun 2014. Antara lain Farid Ma’ruf, mahasiswa prodi Perencanaan Pembangunan angkatan 2012, M. Darmawan Saputra Perpajakan 2012, Laras Tri Wahyu Perpajakan 2012, dan Robert Akbar Pemerintahan 2012.

Persyaratan yang wajib dipenuhi calon kapel PKKMaba tahun ini secara administratif antara lain mengisi formulir pendaftaran, mengumpulkan transkrip nilai mata kuliah, Kartu Tanda Mahasiswa (KTM), Foto diri, menyertakan sertifikat/Surat keikutsertaan organisasi, sertifikat kelulusan PKKMaba, proposal konsep PKKMaba, dan essaybertema “Refleksi Demokrasi Kampus”. Dari seluruh persyaratan tersebut, keempat calon telah memenuhi persyaratan administratif secara lengkap. Agenda pemilihan Kapel PKKMaba selanjutnya adalah bedah proposal para calon Kapel oleh SC (Steering Committee) pada Kamis (29/5) yang dilanjutkan presentasi proposal dan debat terbuka para calon yang akan dilaksanakan pada hari Jumat (30/5) di gedung A Lantai 1 FIA UB.

Diharapkan Kapel PKKMaba 2014 terpilih mampu menjawab tantangan dan menyelengarakan acara Pengenalan Kehidupan Kampus di tingkat fakultas menjadi lebih baik lagi dari tahun-tahun sebelumnya. “Masalah PKKMABA dari tahun ke tahun relatif sama, yakni masalah partisipasi maba dan kejelasan fungsi sertifikat PKKMaba, oleh karena itu diharapkan ada kerjasama dengan pihak dekanat dan dukungan dari semua pihak untuk mengatasi masalah tersebut,” Jelas Tio Andiko, Penanggung jawab PKKMaba 2014 yang sekaligus mantan Kapel PKKMABA 2013 lalu.

Reporter :  Moh. Khoirul Anwar dan M. Fakhrul Izzati